Sosialisasi KPU Kab. Wonosobo Dalam Pileg 2014

SOSIALISASI KPU KABUPATEN WONOSOBO
DALAM PILEG 2014

Sosialisasi sebagai salah satu kegiatan vital dalam setiap pelaksanaan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten /kota Tahun 2014 ditujukan antara lain untuk menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu agar pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten /kota Tahun 2014 dapat dipahami dan diketahui oleh masyarakat secara luas. Sosialisasi sebagai salah satu bentuk pendidikan pemilih ditujukan agar masyarakat mampu menggunakan hak politik dan hak pilihnya dengan benar.
Tujuan:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya pemilih untuk berperan serta dalam setiap tahapan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten /kota Tahun 2014.
  2. Meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten /kota Tahun 2014.
  3. Masyarakat paham hari pemungutan suara dan terdorong menggunakan hak pilih tanggal 9 April 2014.

Pelaksanaan Sosialisasi Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014
Lingkup Sosilaisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Wonosobo dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 meliputi :

  1. Sosialisasi Melalui Komunikasi Tatap Muka
    1. Melakukan sosialisasi tahapan pemilu legislative kepada Badan Penyelenggara (PPK, PPS, dan KPPS)
    2. Melakukan Sosilaisai melalui Rakor dengan Stakeholder
    3. Melakukan Sosialisasi Pada Kelompok Khusus (Lembaga Pemasyarakatan, Pertuni, Komunitas Diffable)
    4. Melakukan Sosialisasi kepada masyarakat melalui forum/kegiatan yang dilakukan oleh berbagai macam elemen antara lain (LDII, GOW, Fatayat, Raker Pemda, KPPI, FKUB, Halaqoh ICMI-MUI, PD Muhamadiyah, IPM, Partai Politik, Sosialisasi Sadar Hukum Pemilu, LSM, dan sebagainya).
  2. Sosialisasi Melalui Elektronika Sosialisasi melalui media elektronika yaitu sosialisasi yang dilakukan melalui media radio yang disiarkan di semua radio yang ada diwilayah Kabupaten Wonosobo, mencakup :
    1. Talk Show/Dialog Interaktif ;
    2. Iklan Radio Spot Pemilu Legislatif dan Pemutaran Jingle Pemilu legislative;
    3. Sambutan/pidato Ketua KPU Kabupaten Wonosobo satu hari sebelum Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara pada tanggal 8 April 2014 disiarkan di 8 stasiun radio yang ada di wilayah wonosobo.
  3. Sosialisasi dengan Menjalin Kemitraan Yaitu sosialisasi yang dilakukan mealalui kerjasama dengan mengandeng beberapa lembaga untuk menyebarluaskan informasi pemilu legislative Tahun 2014, diantaranya melakukan kerjasama dengan :
    1. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula/Pelajar);
    2. Kementrian Agama Kabupaten Wonosobo ((Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula/Pelajar);
    3. Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Wonosobo (sosialisasi dengan sasaran kelompok perempuan).
  4. Pengadaan , Pemasangan, dan Penyebaran Media/Alat Peraga SosialisasiMedia/alat peraga sosialisasi dibutuhkan untuk memudahkan penyampaian dan penyerapan informasi kepemiluan berupa : spanduk, leaflet, poster, baliho, Stiker, Mug Ajakan memilih, Pulpen Ajakan Memilih, Gantungan Kunci, Topi, Kaos,dan Modul).
  5. Pembuatan Naskah Khotbah Jum’at tentang Pemilu Legislatif tahun 2014 ditinjau dari Perpektif Agama Islam, melalui kerjasama dengan takmir masjid yang ada di Wonosobo untuk disampaikan pada saat khotbah jum’at tanggal 4 April 2014.
  6. Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2014 Pada hakekatnya relawan demokrasi adalah gerakan moral dan sosial yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka untuk mendongkrak dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu legislative 2014. hal ini dilatarbelakangi dengan melihat pengalaman pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih pada beberapa pemilu maupun pemilukada cenderung mengalami penurunan. Jumlah keseluruhan relawan demokrasi Kabupaten Wonosobo ada 25 orang.Program relawan demokrasi melibatkan masyarakat yang terwakili dari 5 (lima) segmen pemilih strategis, yakni : segmen pemilih pemula, segmen pemilih keagamaan, segmen pemilih perempuan, segmen pemilih penyandang disabilitas, dan segmen pemilih pinggiran/marginal. Nantinya relawan demokrasi dalam melaksanakan tugasnya menjadi mitra kpu Kab.Wonosobo dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis Kabupaten Wonosobo.
  7. Melakukan Sosialisasi Melalui Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu yang Jujur dan Adil Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu yang Jujur dan Adil dilaksanakan pada Minggu, 9 Maret 2014, dengan mengambil dan finish di Halaman Adipura Kencana Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini diikuti oleh peserta sejumlah +1500 orang yang terdiri dari : Stakeholder, Unsur FKPD, Badan Penyelenggara, Pimpinan SKPD, Camat, Parpol, Wartawan, Ormas, LSM, Relawan Demokrasi, Unsur Perguruan Tinggi, dan Masyarakat.
  8. Sosilaisasi Melalui Kirab/Karnaval Menyongsong Pemilu Legislatif 2014 dan Deklarasi Kampanye Damai Partai Politik Peserta Pemilu 2014 Kabupaten Wonosobo Dilaksanakan pada: Sabtu, 15 Maret 2014 dimulai pukul 09.30 dengan mengambil start di Jl. Merdeka (depan pendopo bupati Wonosobo) dan finish di Jl. Sindoro/depan Setda. Pelaksanaan Kegiatan Kirab/ Karnaval Menyongsong Pemilu Legislatif 2014 dan Deklarasi Kampanye Damai Partai Politik Peserta Pemilu 2014 Kabupaten Wonosobo diikuti oleh 12 (dua belas) Partai Politik Peserta Pemilu 2014 dan 1 (satu) Peserta dari calon DPD.Undangan yang hadir pada kegiatan Kirab/ Karnaval Menyongsong Pemilu 2014 terdiri dari Unsur : FKPD/Muspida : 9 orang, Pimpinan dan Sekretaris Parpol : 24 orang, Perwakilan Kepala SKPD : 46 orang.Selain terdapat iring-iringan mobil peserta Pemilu 2014 acara ini juga dimeriahkan oleh Kesenian Tek-Tek. Puncak acara adalah dengan ditandantanganninya IKRAR PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU TAHUN 2014 oleh seluruh parpol peserta Pemilu 2014.
  9. Media Internet (melalui Media Center).
  10. Sosialisasi dengan Menjalin Kemitraan
    Yaitu sosialisasi yang dilakukan mealalui kerjasama dengan mengandeng beberapa lembaga untuk menyebarluaskan informasi pemilu legislative Tahun 2014, diantaranya melakukan kerjasama dengan:

    1. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula/Pelajar);
    2. Kementrian Agama Kabupaten Wonosobo ((Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula/Pelajar);
    3. Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Wonosobo (sosialisasi dengan sasaran kelompok perempuan).
  11. Pengadaan , Pemasangan, dan Penyebaran Media/Alat Peraga SosialisasiMedia/alat peraga sosialisasi dibutuhkan untuk memudahkan penyampaian dan penyerapan informasi kepemiluan berupa : spanduk, leaflet, poster, baliho, Stiker, Mug Ajakan memilih, Pulpen Ajakan Memilih, Gantungan Kunci, Topi, Kaos,dan Modul)
  12. Pembuatan Naskah Khotbah Jum’at tentang Pemilu Legislatif tahun 2014 ditinjau dari Perpektif Agama Islam, melalui kerjasama dengan takmir masjid yang ada di Wonosobo untuk disampaikan pada saat khotbah jum’at tanggal 4 April 2014
  13. Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2014
    Pada hakekatnya relawan demokrasi adalah gerakan moral dan sosial yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka untuk mendongkrak dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu legislative 2014. hal ini dilatarbelakangi dengan melihat pengalaman pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih pada beberapa pemilu maupun pemilukada cenderung mengalami penurunan. Jumlah keseluruhan relawan demokrasi Kabupaten Wonosobo ada 25 orang.
    Program relawan demokrasi melibatkan masyarakat yang terwakili dari 5 (lima) segmen pemilih strategis, yakni : segmen pemilih pemula, segmen pemilih keagamaan, segmen pemilih perempuan, segmen pemilih penyandang disabilitas, dan segmen pemilih pinggiran/marginal. Nantinya relawan demokrasi dalam melaksanakan tugasnya menjadi mitra kpu Kab.Wonosobo dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis Kabupaten Wonosobo.
  14. Melakukan Sosialisasi Melalui Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu yang Jujur dan Adil
    Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu yang Jujur dan Adil dilaksanakan pada Minggu, 9 Maret 2014, dengan mengambil dan finish di Halaman Adipura Kencana Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini diikuti oleh peserta sejumlah +1500 orang yang terdiri dari : Stakeholder, Unsur FKPD, Badan Penyelenggara, Pimpinan SKPD, Camat, Parpol, Wartawan, Ormas, LSM, Relawan Demokrasi, Unsur Perguruan Tinggi, dan Masyarakat.
  15. Sosilaisasi Melalui Kirab/Karnaval Menyongsong Pemilu Legislatif 2014 dan Deklarasi Kampanye Damai Partai Politik Peserta Pemilu 2014 Kabupaten Wonosobo
    Dilaksanakan pada: Sabtu, 15 Maret 2014 dimulai pukul 09.30 dengan mengambil start di Jl. Merdeka (depan pendopo bupati Wonosobo) dan finish di Jl. Sindoro/depan Setda. Pelaksanaan Kegiatan Kirab/ Karnaval Menyongsong Pemilu Legislatif 2014 dan Deklarasi Kampanye Damai Partai Politik Peserta Pemilu 2014 Kabupaten Wonosobo diikuti oleh 12 (dua belas) Partai Politik Peserta Pemilu 2014 dan 1 (satu) Peserta dari calon DPD.
    Undangan yang hadir pada kegiatan Kirab/ Karnaval Menyongsong Pemilu 2014 terdiri dari Unsur : FKPD/Muspida : 9 orang, Pimpinan dan Sekretaris Parpol : 24 orang, Perwakilan Kepala SKPD : 46 orang.
    Selain terdapat iring-iringan mobil peserta Pemilu 2014 acara ini juga dimeriahkan oleh Kesenian Tek-Tek. Puncak acara adalah dengan ditandantanganninya “IKRAR PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU TAHUN 2014” oleh seluruh parpol peserta Pemilu 2014.

Contoh Media/ Alat Peraga Sosialisasi

spanduk1 fileminimizer baliho fileminimizer poster fileminimizer
modul fileminimizer naskahkhotbah fileminimizer alat tulis fileminimizer