Sekilas Pilbup 2015

SEKILAS PILBUP WONOSOBO 2015

Berdasarkan Ketentuan pasal 18 ayat (4) Undang–Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa Gubenur, Bupati, dan Walikota masing-masing sebagai kepala pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota dipilih secara demokrasi.
Pada tahun 2015 Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan pesta demokrasi local yang dimanifestasikan dalam bentuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo untuk menggantikan Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya yang telah habis masa Jabatannya per 31 Oktober 2015
Pemilihan yang dilangsungkan pada hari rabu pahing 9 Desember 2015 menjadi bagian dari sebuah sejarah baru. Untuk pertama kalinya diselenggarakan pilihan kepala pemerintah daerah secara serentak di seluruh Indonesia dan Kabupaten Wonosobo merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah tersebut.
Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dilevel Kabupaten untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo merupakan momentum yang tepat bagi masyarakat Wonosobo untuk menyalurkan hak politiknya dan sekaligus sebagai sarana untuk menggunakan hak pilih, mengingat masyarakat terlibat langsung untuk turut menentukan bagaimana wajah Kabupaten Wonosobo lima tahun kedepan. Tentunya pesta demokrasi ini digelar sebagai aktualisasi pengimplementasian demokrasi aras local untuk memilih pimpinan eksekutif di Kabupaten Wonosobo yang nantinya akan mempunyai fungsi dan peran dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan sebagai pelayan masyarakat untuk masa jabatan 2016 sampai dengan 2021.
Tentunya untuk menjamin kualitas Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dapat terwujud apabila dilaksanakan oleh penyelenggara pemilihan yang professional, serta mempunyai Integritas, kapabilitas, dan akuntabilitas.
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wonosobo sebagai lembaga penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo tahun 2015 telah berupaya semaksimal mungkin mengedepankan profesionalitas, bekerja efektif dan efisien, dengan mengambil keputusan cepat dan tepat yang dimaksudkan untuk mendapatkan kepercayaan publik atas segala kegiatan yang dilaksanakan dari awal tahapan sampai dengan akhir pelaksanaan.
Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Tahun 2015 diikuti oleh 4 (empat) Pasangan Calon yang terdiri dari Pasangan Calon : Nomor 1 (Dra. Maya Rosida, MM dan Eko Prasetyo HW, SH), Nomor 2 (Sarif Abdillah, S.Pd.I dan H. Usup Sumanang, SH,MM), Nomor 3 (Eko Purnomo, SE,MM dan Ir. H. Agus Subagiyo, M.Si.), Nomor 4 ( H. Muhammad Suhardi dan Joko Wiyono, SE)