Sekilas Pilbup 2010

SEKILAS PILBUP 2010

Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 dalam pasal 18 ayat (4) mengamanatkan bahwa Gubernur, Bupati dan Walikota masing-masing sebagai Kepala Pemerintahan dalam Provinsi, Kabupaten/Kota dipilih secara demokrasi. Untuk melaksanakan amanat itu, kemudian diundangkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam pasal 56 ayat (1 dan 2) disebutkan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dipilih dalam satu pemilihan umum yang dilaksanakan secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Atas dasar tersebut maka pada tahun 2010 Kabupaten Wonosobo pada tanggal 2 Agustus 2010 mengadakan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk menggantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sebelumnya yang akan habis masa jabatannya.

Penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Wonosobo Tahun 2010 sesuai tahapan dimulai dengan tahapan persiapan, antara lain penyusunan tahapan dan anggaran , pembentukan badan penyelenggara, sosialisasi, dan pemberitahuan akhir masa jabatan. Kemudian untuk tahapan pelaksanaan meliputi pendaftaran pemilih, pencalonan, pengadaan logistik, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara.

Pembentukan badan penyelenggara Pemilukada 2010 diawali dengan pembentukan PPK dan PPS sebagai badan penyelenggara di tingkat kecamatan dan kelurahan. Seleksi dan pelantikan anggota PPK dan PPS dilaksanakan pada bulan Januari s.d Februari. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan PPDP pada bulan Februari s.d Maret. PPDP bertugas membantu PPS melakukan pemutakhiran data pemilih. Pada bulan Juli, dibentuk KPPS sebagai badan penyelenggara di masing-masing TPS.

Sosialisasi informasi dan pendidikan pemilih dilaksanakan mulai bulan Januari.  Materi sosialisasi mencakup tentang tahapan penyelenggaraan Pemilukada, pemutakhiran data pemilih, pendaftaran dan penetapan paslon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, visi dan misi paslon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, kampanye serta tata cara pemungutan dan penghitungan suara. Sosialisasi dilaksanakan melalui media massa, tatap muka, mobilisasi social dan bahan cetak (poster, brosur, spanduk,leaflet, stiker, baliho, dll).

Tahapan pemutakhiran data pemilih diawali dengan penyusunan DPS dan jumlah TPS berdasarkan DP4. Kemudian pada bulan Maret s.d April dilakukan pemutakhiran dan perbaikan data pemilih oleh PPS dibantu dengan PPDP,yang nantinya akan menghasilkan DPSHP. DPT disusun berdasarkan koreksi dan perbaikan dari DPS dan DPSHP berdasarkan usulan dari masyarakat. Jumlah pemilih terdaftar Kabupaten Wonosobo untuk Pemilukada 2010 adalah 624.996, yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 315.382 dan pemilih perempuan sebanyak 309.614.

Pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Wonosobo 2010 dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 7 Juni 2010 bertempat di kantor KPU Kabupaten Wonosobo. Proses pemeriksaan kesehatan, penelitian berkas, dan perbaikan kelengkapan berkas dilaksanakan pada bulan Juni 2010, sedangan pengumuman pasangan calon yang memenuhi persyaratan, dan pengundian nomor urut dilaksanakan pada bulan Juli.