Sekilas Pileg 2004

SEKILAS PILEG 2004

Pemilihan Umum dalam rangka memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD dilaksanakan tanggal 5 April 2004. Dasar pelaksaannya adalah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum Anggoata Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan dewan Perwakilan Rakyat Daerah.  Setidaknya terdapat tiga perbedaan pemilu kali ini dengan pemilu sebelumnya. Perbedaan itu dapat dilihat antara lain dari; terbentuknya Penyelenggara pemilu, yaitu adanyaKPU, PPK, PPS maupun KPPS,kedua dari sistem pemilu yang ada, dalam pemilu ini pemilihan dilakukan secara langsung oleh rakyat,dan yang ketiga dilihat dari peserta pemilu,dengan jumlahyang lebih banyak yaitu diikuti oleh 24 partai politik dan dari perseorangan yang telah lolos verifikasi. Di Kabupaten Wonosobo pemilu ini diikuti oleh 24 partai politik.

Sesuai dengan UU No.12 Tahun 2003, Pasal 53 s/d pasal 59, KPU Kabupaten melakukan pendaftaran pemilih, pemeliharaan, dan pemutakhiran daftar pemilih tetap dalam setiap pemilu. Dalam penyusunan daftar pemilih tetap KPU bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik melakukan kegiatan Pendaftaran Pemilih dan Pencatatan Penduduk Berkelanjutan (P4B). P4B kemudiandijadikan sebagai DPS dan setelah melalui proses coklit, data kemudian diserahkan langsung kepada KPU Kabupaten Wonosobo, yang kemudian dikembalikan lagi kepada masyarakat untuk menunggu tanggapan masyarakat. Dalam hal terjadi perubahan data baik penambahan pemilih baru, pindah maupun meninggal dan hasil dari tanggapan masyarakat, PPS melalui PPK kembali menyerahkan data tersebut kepada KPU Kabupaten. Bahanyang telah lengkap tersebutlah yang kemudian  dijadikan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebagai bukti bahwa bahwa pemilih tersebut sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka pemilih bersangkutan diberikan kartu pemilih yang ditunjukkan kepada KPPS pada saat melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selanjutnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wonosobo melakukan verifikasi parpol peserta pemilu, disusul dengan penelitian calon peserta pemilu. Dalam penelitian calon perseorangan (DPD) KPU Kabupaten hanya diberi wewenang untuk melakukan penelitian faktual sedangakan untuk penelitian administrasi adalah menjadi wewenang KPU Provinsi. Penghitungan suara di KPU Kabupaten Wonosobo dilaksanakan dalam repat pleno terbuka pada selasa, 13 April 2004 bertempat di Gedung KPU Kabupaten Wonosobo. Dari rapat pleno tersebut  ditetapkan 340 calon anggota DPRD Kabupaten Wonosobo yang akan memperebutkan 45 kursi yang tersebar dalam enam daerah pemilihan.

Atas dasar perolehan suara masing-masing calon anggota DPRD Kabupaten Wonosobo, KPU Kabupaten Wonosobo kemudian menetapkan 45 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Wonosobo periode 2004 – 2009, dalam sebuah rapat pleno terbuka yang dilaksanakan pada hari senin, 10 Mei 2004 pukul 10.00 bertempat di Kantor Pemilihan Umum Kabupaten Wonosobo.