Sekilas Pileg 2009

SEKILAS PILEG 2009

Dasar : Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rayat Daerah.

Rabu, 9 April 2009 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wonosobo kembali menyelenggarakan perhelatan besar, perhelatan guna memilih wakil-wakil rakyat yang duduk sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Penyelenggaraan ini merupakan kali kedua setelah habisnya masa jabatan anggota DPR, DPD, dan DPRD hasil pemilu 2004.Perbedaan yang paling menonjol dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2009 ini adalah adanya perubahan pemberian tanda hak pilih yaitu dengan cara memberikan tanda satu kali (contreng), yang pada pemilu sebelumnya dilakukan dengan ‘mencoblos’. Merupakan tugas yang tidak mudah bagi penyelenggara untuk mensosialisasikannya, ditambah lagi dengan jumlah logistik yang begitu banyak, adalah tantangan bagi kami bagi penyelenggara baik KPPS, PPS, PPK, KPU Kabupaten dan juga pemerintah daerah untuk tetap mensukseskannya. Berbagai bentuk sosialisasasi deselenggarakan, baik dalam bentuk tatap muka langsung maupun melalui media, tidak lain untuk mencapai salah satu tujuan diadakannya Pemilu  yakni meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya pemilu dalam membangun kehidupan demokrasi di Indonesia.

Dengan dukungan dari berbagai pihak tersebut diatas dan juga masyarakat Wonosobo akhirnya pemilu ini dapat berjalan lancar, dengan angka partisipasi pemilih mencapai 76,41%.

Secara nasional partai peserta pemilu kali ini berjumlah 44 parpol termasuk enam partai lokal khusus Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk Kabupaten Wonosobo sendiri diikuti oleh 27 parpol dan 30 calon perorangan yang telah dinyatakan lolos verifikasi.

Proses penghitungan dan rekapitulasi di KPU Kabupaten Wonosobo dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 April 2009. Dari hasil rekapitulasi kemudian ditetapkan perolehan suara partai politik. Tanggal 18 Mei 2009 bertempat di Gedung KPU Kabupaten Wonosobo, kembali KPU Kabupaten Wonosobo mengadakan rapat pleno terbuka guna menetapkan jumlah kursi dan 45 calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Wonosobo,hasil Pemilihan Umum DPR, DPD, dan DPRD Kabupaten Wonosobo untuk periode 2009-2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *