KUNJUNGAN KERJA KPU KOTA BALIKPAPAN DALAM RANGKA OLAH DATA DAFTAR PEMILIH TAMBAHAN (DPTb) PEMILIHAN SERENTAK 2020

KPU Kabupaten Wonosobo menerima kunjungan kerja dari KPU Kota Balikpapan, pada hari Sabtu, 11 April 2021. Perkenalan dari masing – masing anggota Komisioner serta Sekretariat KPU Kabupaten Wonosobo dilanjutkan perkenalan dari anggota Komisioner dan Sekretariat KPU Kota Balikpapan mengawali kegiatan kunker tersebut. Anggota KPU Kota Balikpapan, Bapak Yan Fauzi, Wardana, S.Psi menerangkan kunjungan kerja bertujuan untuk mengetahui serta membandingkan proses oleh data DPTb yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Wonosobo pada pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 serta untuk mengetahui perlakuan DPTb di dalam kotak yang elemen datanya tidak lengkap. Beliau juga menjelaskan bahwa KPU Kota Balikpapan juga melaksanakan Pemilihan dengan satu pasangan calon, namun di Kota Balikpapan ada sengketa Pemilihan. Selanjutnya penyampaian materi terkait perjalanan pemutakhiran data dan daftar pemilih oleh anggota KPU Divisi Data dan Informasi, Ibu Dhyan Kartika Wulandari, S.Sos. Ketua KPU Kabupaten Wonosobo, Bapak Asma’ Khozin, S.Psi menjelaskan tentang penggunaan aplikasi Si Rika pada saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Tahun 2020. Aplikasi Si Rika digunakan oleh KPPS dalam proses distribusi C6 serta dapat digunakan oleh KPPS untuk mengecek pemilih di hari H, sehingga meminimalisir jumlah Pemilih yang masuk dalam DPTb.

Menanggapi kunker yang dilakukan oleh KPU Kota Balikpapan, Ibu Dhyan Kartika menginstruksikan untuk memberikan form ATb sebanyak dua rangkap untuk KPPS, satu rangkap untuk dimasukkan di dalam kotak, dan satu rangkap untuk diinput dan dikirim ke KPU Kabupaten Wonosobo, hal ini dilakukan untuk mempercepat proses input DPTb di aplikasi Sidalih. Selain itu, KPPS juga diinstruksikan untuk memfoto atau mengcopy KTP Pemilih dalam DPTb untuk meminimalisir salah ketik dalam penulisan NIK. Terkait data kependudukan yang belum lengkap, KPU Kabupaten Wonosobo berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Wonosobo untuk melengkapi data tersebut. Sejumlah 649 Pemilih terdaftar dalam DPTb Kabupaten Wonosobo, namun hanya 553 Pemilih yang bisa dimasukkan di Sidalih, karena sisanya sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sementara jumlah DPTb di KPU Kota Balikpapan adalah 5.136 Pemilih, namun hanya bisa dimasukkan ke dalam Sidalih sejumlah 4.893 Pemilih karena elemen data yang belum lengkap.

Kegiatan kunjungan kerja ditutup dengan penyerahan maskot Pilbup Wonosobo Si Rika kepada KPU Kota Balikpapan dan penyerahan maskot Pilwakot Balikpapan Si Dapan kepada KPU Kabupaten Wonosobo.

Leave a Reply